www.akukanker.com

Kanker Mata - Penyebab, Gejala dan Pengobatannya

Kanker mata adalah jenis kanker yang tumbuh dan berkembang pada mata. Kanker mata dapat muncul pada beberapa bagian mata, yaitu kanker yang menyerang bagian luar mata misalnya kelopak mata dan kanker yang menyerang dalam mata (kanker intraokular). Kanker mata juga dapat disebabkan oleh sel kanker yang menyebar dari organ lain ke mata. Kanker biasanya menyerang salah satu bagian mata, maun bisa juga menyebar dan berpindah ke mata yang lain.

iklan

Jenis kanker mata sangat beragam, salah satu jenis kanker mata adalah retinoblastoma yang kebanyakan di alami oleh anak-anak dimana awalnya adalah dari retina mata. Sedangkan, pada orang dewasa jenis kanker mata yang sering dialami adalah jenis kanker mata intraokular yaitu melanoma dan limfoma. Kanker mata termasuk jenis kanker yang jarang terjadi, namun harus tetap diwaspadai dengan mengetahui semua informasi mengenai kanker mata tersebut.

Penyebab dan Gejala Kanker Mata

kanker mata

Penyebab kanker mata adalah pertumbuhan sel abnormal yang tidak terkendali yang berkembang pada mata bagian dalam atau luar. Jenis kanker yang sering terjadi adalah retinoblastoma, kanker yang menyerang bagian dalam mata. Selain itu ada jenis lain yang dapat menyebabkan kanker mata yaitu kanker melanoma mata, jenis kanker yang dapat mempengaruhi beberapa bagian pada mata. Kanker melanoma terjadi karena adanya perkembangan sel melanosit atau sel yang mempunyai kandungan pigmen gelap pada beberapa bagian tubuh manusia, salah satu penyebab kanker melanoma karena adanya pigmentasi abnormal yang terjadi pada mata. Selain itu, diduga ada beberapa faktor risiko yang mungkin dapat menyebabkan kanker mata, diantaranya:

-Faktor usia, Risiko kanker mata dapat meningkat seiring dengan bertambahnya usia seseorang.
-Pajanan sinar matahari dan sinar ultraviolet
-Kelainan kulit turunan. Kulit yang mempunyai sering membentuk tahi lalat pada beberapa area kulit tubuh biasanya akan memiliki risiko berkembang menjadi melanoma di mata dan kulit.
-Warna mata. Seseorang yang mempunyai warna mata terang (contohnya, hijau, biru, atau abu-abu) mempunyai risiko terkena kanker mata lebih tinggi.

Sebagian besar dari kasus kanker mata umumnya tidak menimbulkan gejala yang signifikan atau cenderung tidak terlihat. Namun ada gejala yang dapat dikenali dan perlu diwaspadai, diantaranya:

-Timbul benjolan pada mata
-Terdapat titik putih dibagian pupil mata
-Terdapat bintik hitam di bagian iris mata
-Sering merasa silau
-Penglihatan kabur
-Mata membengkak
-Warna kedua mata berbeda
-Nyeri pada mata
-Keluar air mata
-Terjadi gangguan pada gerakan mata
-Mata kemerahan, iritasi mata atau mata tersa perih
-Bola mata melotot atau juling
-Terlihat seperti mata kucing
-sakit kepala
-Menimbulkan kebutaan

itulah beberapa gejala yang menandakan penyakit kanker mata. Jika Anda mengalami gejala tersebut, sebaiknya segeralah periksakan kondisi mata Anda ke dokter spesialis mata. Memeriksakan kondisi mata dapat mencegah penyakit yang lebih parah serta dapat meningkatkan kemungkinan sembuh karena penyakit dapat tertangani sejak awal.