www.akukanker.com

Mata Belekan - Gejala, Penyebab dan Pengobatannya

Mata adalah salah satu organ tubuh yang sangat penting bagi kita. Karena dengan adanya mata, kita bisa melihat apa saja di alam ini. Mata merupakan organ yang sangat vital bagi kelangsungan hidup manusia. Selain penting, mata juga sangat sensitif. Gangguan sekecil apapun yang dialami oleh mata, akibatnya bisa berbahaya bagi kita. Oleh itu kita disarankan untuk serius dalam menjaga kesehatan dan kebersihan mata. Segera cari alternatif obat sakit mata yang sesuai dengan gejala jika merasa ada yang tidak beres dengan mata anda.

iklan

Salah satu penyakit paling sering menyerang mata adalah penyakit mata ini atau biasa disebut mata merah, juga dikenal dengan istilah konjungtivitis. Penyakit ini bisa menyerang siapa saja serta sangat mudah menular. Penyakit ini biasa menyerang pada musim-musim tertentu, khususnya menyerang anak-anak dan remaja. Untuk itu kita perlu mengenal lebih banyak apa itu penyakit mata belekan, bagaimana cara mencegahnya, serta cara menagani penyakit ini, berikut adalah penjelasannya.

Belekan adalah endapan deposit dari dalam mata, yang brasal dari garam yg ada di air mata. Belek lebih sering menyerang anak-anak dan sangat menular. Penyakit ini adalah penyakit mata yang disebabkan oleh infeksi menular pada konjungtiva. konjungtiva adalah selaput bening pada mata yang menutupi bagian mata berwarna putih serta permukan mata dalam pada kelopak mata. Penyakit ini disebabkan oleh bakteri atau virus, sesampai tercatatat penyakit yang menular. Dan bakteri juga virus ini bisa menyebabkan warna merah serta mendatangkan penyakit ini pada mata.

Gejala dan Penyebab Mata Belekan Serta Pengobatannya

mata belekan

Penularan penyakit ini bisa lewat kontak langsung bersama-sama dengan penderita, misalnya tempat tidur penderita penyakit ini kita tempati, atau bisa juga penularan lewat barang-barang yang dipakai, misalnya handuk, kacamata atau yang lainnya. Meskipun begitu, kontak mata atau mengobrol juga dapat menyebabkan terjadinya penularan.

Pada sebagian kasus, mata merah juga bisa disebabkan karena alergi terhadap sesuatu atau bisa juga disebabkan karena kemasukan suatu benda ke dalam mata yang mengakibatkan iritasi. Jika terjadinya karena alergi atau disebabkan suatu benda masuk ke dalam mata, maka penyakit ini tidak tercatat sebagai penyakit yang menular.

Penyebab dan Gejala Mata Belekan

Belekan adalah endapan deposit dari dalam mata, yang brasal dari garam yg ada di air mata. Belek lebih sering menyerang anak2 dan sangat menular. Penyebabnya adalah infeksi virus, terkadang disertai infeksi bakteri. Penyakit ini membuat mata menjadi merah, bengkak dan nyeri serta membuat produksi kotoran mata (belek) bertambah.

Tanda dan gejalanya yang khas adalah bulu mata saling menempel dan sulit dibuka pada waktu bangun tidur karena terlalu banyak kotoran yang lengket di bulu mata. Proses perkembangan penyakit berlangsung cepat dan akan menyebabkan pandangan menjadi kabur.

Penyebab terjadinya penyakit mata ini bermacam-macam, seperti alergi (debu, serbuk, bulu, angin, asap, parasit, hingga penggunaan lensa kontak yang kurang bersih), infeksi bakteri, virus. Penyakit ini adalah penyakit yang disebabkan oleh virus dan terkadang virus tersebut juga ditunggangi oleh kuman sehingga terjadi infeksi pada bagian mata.

Gejala Mata Belekan
Memang mata sangat sensirif sekali terhadap kotoran, salah satu gejala yang nampak adalah mata berair, merah serta gatal. Gejala itulah yang biasanya muncul ketika mata kita menderita penyakit ini.

Pengobatan Mata Belekan Dengan Ramuan Herbal

Penyakit mata ini adalah salah satu penyakit pada mata yang pasti sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Bagaimana tidak, biasanya mata akan terasa perih, nyeri dan malas untuk terbuka. Bahkan anda juga harus memakai kacamata supaya sakit mata yang anda derita tidak menular pada orang lain. Inilah beberapa contoh obat sakit mata belekan yang penting untuk anda ketahui.

1. Obat Sakit Mata dari Daun Sirih
Untuk obat alami yang pertama Anda bisa memanfaatkan daun sirih sebagai bahan utamanya. Bahan-bahan yang anda butuhkan adalah beberapa lembar daun sirih. Sebelumnya jangan lupa anda cuci sampai bersih. Rebus sampai mendidih daun sirihnya dengan sedikit garam dapur. Kemudian angkat daun sirihnya dan tunggu sampai dingin. Peras daun sirihnya dengan menggunakan kain bersih. Perasan daun sirih inilah yang dimanfaatkan menjadi obat penyakit mata ini.

2. Obat Sakit Mata dari Bawang Putih
Selama ini mungkin bawang putih dinilai bisa membuat mata pedih dan berair. Namun demikian siapa sangka kalau bawang putih ini juga cukup efektif menjadi obat penyakit mata ini. Bahan yang Anda butuhkan adalah satu siung bawang putih. Sebelum mulai mengobati mata Anda, cuci terlebih dahulu wajah Anda dengan air bersih. Usahakan kotoran yang ada di mata dan wajah Anda hilang dan bersih. Kemudian keringkan wajah dengan handuk yang bersih.

Selanjutnya Anda ambil satu siung bawang putih yang tadi sudah Anda sediakan. Jangan lupa cuci terlebih dahulu bawangnya sampai bersih. Kemudian potong ujung bawangnya. Oleskan ujung bawang yang telah Anda potong tersebut secara perlahan sejajar dengan akar bulu mata (kelopak mata bawah). Perlu Anda perhatikan, jangan oleskan bawangnya di kelopak mata atas. Anda juga harus bisa menahan rasa pedih, gatal atau geli yang mungkin bisa Anda rasakan.

Kami menyarankan supaya Anda menggunakan obat penyakit mata ini dari bawang putih ini sebelum Anda tidur. Yang penting juga untuk Anda perhatikan adalah, sebaiknya jangan menggunakan bawang bombay. Lakukan cara pengobatan tradisional ini secara rutin setiap malamnya sampai mata Anda sembuh.

Kurang lebih seperti itulah penjelasan mengenai artikel sakit mata belekan dan apa saja faktor penyebabnya. Semoga setelah anda membaca dan memahami tentang penyakit Mata ini, anda bisa menghindari risiko terkena sakit mata ini. Demikian artikel yang bisa saya sampaikan kali ini, semoga bermanfaat.