www.akukanker.com

Mata Floaters - Gejala, Penyebab dan pengobatannya

Mata, kecil namun sangat berharga. Ibarat seseorang yang kita kasihi, kita baru menyadari betapa penting artinya seseorang tersebut setelah kita kehilangannya. Demikian juga mata yang sudah menemani manusia saat pertama kali lahir ke dunia. Mata memperkenalkan kita terhadap lingkungan, memperkenalkan hal-hal baru, mendeteksi bahaya, memberikan kesejahteraan melalui pekerjaan yang layak, dan tidak lupa memperindah tampilan wajah kita. Untuk itu sudah selayak kita memperhatikan sahabat kecil itu karena maknanya sangat besar untuk kehidupan kita.

iklan

Definisi Floaters "Eye floaters" : adalah endapan atau kondensasi (pengembunan) didalam selai mata yang seperti kaca (vitreous jelly of the eye). Orang-orang menggunakan istilah "pengambang mata" untuk melukiskan noda-noda yang mengambang didalam penglihatannya ketika mereka melihat kesekelilingnya. Penyakit ini dapat hadir hanya pada satu mata atau kedua mata.

Floaters pada mata adalah bintik-bintik yang terdapat pada penglihatan anda. Penyakit ini mungkin terlihat seperti bintik hitam atau abu-abu, benang, atau jaring laba-laba yang mengambang ketika anda memindahkan atau menggerakkan mata anda.

Penyakit mata ini sebagian besar disebabkan oleh perubahan terkait usia dan muncul ketika substansi seperti gelly (vitreous) dalam mata anda menjadi lebih liquid. Ketika hal ini terjadi, serat mikroskopis dalam vitreous cenderung mengumpul dan dapat melemparkan bayangan kecil pada retina, yang mungkin anda lihat sebagai eye floaters.
Jika anda melihat peningkatan jumlah kondisi ini secara drastis, hubungi seorang spesialis mata segera, terutama jika anda juga melihat gejala dari suatu keadaan darurat yang membutuhkan perhatian serius.

Tanda Gejala dan Penyebab Mata Floaters

mata floaters

Ketika anda pergi ke dokter mata anda dengan gejala ini, ia pertama-tama akan menanyakan pertanyaan mengenai mereka. Dokter mata akan memeriksa penglihatan anda, melihat pada depan mata anda dengan lampu celah, dan kemudian meneteskan tetes mata kedalam mata untuk memperlebar pupil. Setelah pupil diperlebar, retina dan vitreous akan diperiksa dengan sinar-sinar yang terang dari ophthalmoscope. Dokter mata akan mampu melihat penyakit itu sendiri dan akan mampu memberitahukan anda apakah ada kelainan-kelainan apa saja yang berhubungan dengan mata yang memerlukan tes-tes atau perawatan-perawatan yang lebih jauh.

Eye floaters dapat disebabkan oleh:

- Perubahan mata yang berhubungan dengan usia. Kondisi ini paling sering terjadi sebagai perubahan mata yang berkaitan dengan usia pada bagian vitreous, yakni substansi seperti jelly yang mengisi bola mata anda dan membantu mempertahankan bentuk bulat mereka. Seiring waktu, vitreous berubah secara konsistendan sebagiannya mencair, sebuah proses yang menyebabkan vitreous menyusut dan mengendu, vitreous tersebut membentuk gumpalan yang berbentuk seperti benang/serabut. Potongan-potongan dari serabut inilah yang menghalangi sinar yang melewati mata, sehingga melemparkan suatu bayangan kecil pada retina anda.

- Peradangan pada bagian belakang mata. Uveitis posterior adalah peradangan pada lapisan Uvea di belakang mata. Uveitis posterior, yang dapat menyebabkan penyakit ini, mungkin disebabkan oleh infeksi atau penyakit inflamasi.

- Pendarahan pada mata. Pendarahan vitreous adalah pendarahan pada vitreous mata bagian mata yang berbentuk seperti jelly. Pendarahan pada mata dapat memiliki banyak penyebab, termasuk cedera dan masalah pembuluh darah.

- Retina yang robek. Robekan retina dapat terjadi ketika vitreous yang mengendur menarik/merenggut retina dengan tarikan yang kuat hingga membuat retina menjadi robek. Robekan retina dapat menyebabkan penyakit baru muncul dalam visi anda. Tanpa pengobatan, robekan retina dapat menyebabkan detasemen (ablasi) retina, yakni akumulasi cairan di belakang retina yang menyebabkan retina memisahkan diri dari bagian belakang mata anda. Ablasi retina yang tidak diobati dapat menyebabkan kehilangan penglihatan permanen.

Bagaimana penyakit ini dapat terjadi sebenarnya cukup alamiah. Floaters adalah proses yang terjadi pada salah satu organ di mata kita yang dinamakan vitreus. Organ vitreus adalah suatu organ yang berbentuk matriks seperti jeli. Letak vitreus berada ditengah rongga mata. Organ ini sebenarnya berfungsi sebagai media penglihatan yang membantu fokuskan sinar ke retina sebagai pusat penglihatan. Kemampuan ini disebabkan vitreus mempunyai indeks bias sehingga sinar yang melalui organ yaang bening tersebut dapat dibiaskan.

Gejala Eye Floaters mungkin diantaranya adalah sebagai berikut:

- Sebuah area pada visi anda yang mungkin terlihat seperti bintik gelap/menonjol, seperti benang transparan yang mengambang.

- Sebuah area yang bergerak saat anda memindahkan/menggerakkan mata anda, sehingga ketika anda mencoba untuk melihat mereka, mereka bergerak keluar dengan cepat dari lapangan visual anda.

- Sebuah area yang paling terlihat ketika anda melihat latar belakang polos terang, seperti langit biru atau dinding putih.

- Sebuah area yang menetap dan melayang keluar dari garis visi.

Jenis Pengobatan untuk Mata Floaters

- Menggunakan laser untuk menghilangkan penyakit ini. Ketika terapi laser dilakukan, dokter mata akan mengarahkan laser khusus kepada penyakit di vitreous mata. Laser dapat memecah penyakit ini dan membuat mereka kurang terlihat. Beberapa orang yang menjalani terapi laser untuk kondisi ini mereka melaporkan adanya penglihatan visi, sementara ada pula yang melaporkan sedikitnya perubahan pada mata mereka atau tidak ada perubahan sama sekali. Risiko dari terapi laser antara lain kerusakan pada retina anda yang mungkin terjadi jika laser mengarah ke area mata yang salah. Operasi laser untuk mengobati penyakit ini dianggap sebagai eksperimental dan tidak banyak digunakan.

- Menggunakan pembedahan untuk mengangkat vitreous. Selama prosedur vitrectomy, dokter mata akan membuat sayatan kecil pada mata anda dan menghilangkan vitreous. Sebuah larutan (solusi) ditempatkan di mata untuk membantu mempertahankan bentuknya. Akhirnya, tubuh anda akan memproduksi dan mengisi mata dengan cairan yang akan menggantikan solusi tersebut. Vitrectomy mungkin tidak dapat menghapus semua penyakit ini dalam visi anda, selain itu, penyakit ini baru mungkin saja muncul setelah operasi. Risiko vitrectomy antara lain perdarahan dan robekan retina.

Itulah artikel tentang Penyakit Mata Floaters, semoga dengan adanya artikel ini anda yang membaca bisa mengetahui tentang penyakit mata ini. Semoga bermanfaat.