www.akukanker.com

Mata Kuning - Jenis-jenis, Penyebab, Gejala dan Pengobatannya

Penyakit Kuning (icterus atau jaundice) adalah penyakit yang menyebabkan menguningnya kulit, sclera (bagian putih pada mata) dan juga kelenjar ludah yang disebabkan oleh tingginya kadar bilirubin pada tubuh manusia (atau tubuh hewan yang mempunyai sel darah merah). Biasanya konsentrasi bilirubin pada darah harus melebihi 2–3 mg/dL untuk menimbulkan warna kuning yang bisa terlihat oleh kasat mata. Jaundice berasal dari Bahasa Perancis yaitu jaune, yang berarti kuning. Cairan empedu masuk ke dalam darah, sehingga tubuh tampak kekuningan.

iklan

Penderita penyakit ini pun langsung bisa diidentifikasi dengan melihat adanya semburat berwarna kekuningan pada bagian putih mata atau yang sering terlihat sebagai mata kuning. Semburat berwarna kekuningan gelap pun bisa terlihat pada bagian tubuh yang lain seperti kuku jari tangan dan kaki.

Namun perlu diketahui bahwa tidak semua penyakit ini disebabkan oleh peradangan hati dan tidak semua peradangan hati menyebabkan penyakit kuning. Seorang tabib kuno, Hippocrates, menemukan bahwa penyakit ini adalah penyakit yang menular sehingga dinamakan iterus infectiosa. Pada saat itu, penyakit ini mewabah di kalangan penduduk sipil dan serdadu.

Penularan penyakit ini melalui hubungan seksual, jarum suntik, jarum infus, berbagai macam peralatan bedah, peralatan yang sering digunakan dokter gigi. Oleh karena itu, kita perlu berhati-hati dan mewaspadai segala kemungkinan karena sampai saat ini penyakit hepatitis B dan C belum dapat disembuhkan.

Jenis-jenis penyakit kuning :

mata kuning

- HEPATITIS A (HAV)
Penyakit hepatitis ini bisa disembuhkan secara sempurna dan tidak berkembang menjadi penyakit kronis, dan ditularkan melalui jalur oral.

- HEPATITIS B (HBV)
Penyakit ini ditularkan melalui darah, hubungan seksual, dan perinatal. Sekitar 5% hepatitis B akut berkembang menjadi kronis dan berkembang menjadi sirosis atau karsinoma hepatoseluler.

- HEPATITIS C (HCV)
Sebanyak 50% kasus infeksi HCV akut sebagai akibat dari transfusi akan berkembang emnjadi kronis. Antara 20 - 50% dari mereka menderita sirosis dan akhirnya sebagian berkembang menjadi karsinoma hepatoseluler.

- HEPATITIS D (HDV)
Sebagian dari penyakit ini dapat berkembang menjadi hepatitis kroni.

- HEPATITIS E (HEV)
Penyakit ini tidak berkembang menjadi hepatitis kronis.

Oleh karena itu, mulai dari sekarang jaga menu makan, jauhi gaya hidup tidak sehat, dan rutinlah mengkonsumsi makanan yang sehat. jangan anggap sepele penyakit ini jiga anda tidak mau penyakit ini parah di dalam tubuh anda.

Penyebab Mata Kuning

Penyebab penyakit ini bukan saja karena terkena penyakit hepatitis atau sakit kuning jaundice, penyakit ini bisa saja disebabkan oleh beberapa faktor seperti stres, mata lelah, kurang tidur dan sebagainya.

- Terlalu stres
Terlalu memikirkan masalah selain menyebabkan kepala pusing, ternyata bisa ditunjukkan pula dengan mata yang kuning. Orang yang terlalu memikirkan masalah biasanya memiliki mood yang sangat sensitif dan mudah tersinggung.

- Mata lelah
Terlalu banyak diam di depan komputer atau membaca buku lebih dari dua jam, dapat menjadi penyebab mata kehilangan sinarnya. Radiasi dari komputer yang dilihat terlalu dekat dan dalam waktu yang lama dapat menyebabkan mata menjadi lelah dan merusak retina mata.

- Kurang tidur
Kurang tidur bisa terjadi karena memang disengaja untuk begadang setiap hati atau karena anda mengalami insomnia.

Jangan memaksakan mata anda untuk bekerja terlalu keras, istirahatkan lah mata anda, beberapa penyebab seperti informasi diatas bisa menambah pengetahuan anda tentang penyakit mata. biasakan untuk memeriksa mata anda untuk melihat apakah mata anda masih sehat atau ada gangguan dimata anda.

Pengobatan Mata Kuning

Mata adalah salah satu bagian tubuh yang sangat penting terutama untuk melihat. Anda harus bersyukur, jika anda mempunyai mata yang sehat. Ada banyak orang yang tak bisa melihat indahnya dunia dengan mata. Oleh karena itu, anda harus bisa merawat mata dengan baik.

Pengobatan untuk mata ini sebenarnya tidak secara khusus diobati dengan obat tertentu, ini dikarenakan banyak penyebab mata yang mungkin menjadi berwarna kuning ialah karena terlalu banyak diam depan komputer atau membaca buku lebih dari dua jam.

Jika anda bekerja ditempat yang berasap atau berdebu, biasanya anda juga akan mempunyai bola mata yang berwarna kuning. Hal ini dikarenakan polusi yang mengotori mata anda setiap hari. Terakhir, kurangnya asupan vitamin A juga tentunya akan membuat mata menjadi tidak indah lagi.

Ada beberapa pengobatan untuk penyakit ini. Pengobatan ini bisa menggunakan bahan-bahan alami yang dapat menyembuhkan penyakit ini. Berikut ini cara yang bisa anda lakukan :

- Jus kentang dan mentimun
Kentang dan mentimun, akan membuat mata anda menjadi lebih lembab dan memberikan vitamin yang bisa membuat mata lebih cerah. Jus ini bukan untuk diminum tapi untuk dikompres pada mata.

Cara membuat jus ini sangat mudah. Campurkan kentang dan mentimun yang sudah dibersihkan. Blender sampai benar-benar halus. Ambil satu buah kapas, celupkan ke dalam jus tersebut. Peras sedikit, kemudian kompreskan kapas tersebut ke bagian mata yang kuning, Lakukan cara ini secara rutin setiap harinya.

- Daun sirih
Daun sirih biasanya digunakan untuk menghilangkan bau mulut atau bau badan. Tetapi tidak disangka ternyata daun sirih juga dapat digunakan untuk menyembuhkan mata yang kuning. Cara ini sudah banyak dilakukan orang. Cara tradisional memang sangat dipercaya dapat menyembuhkan beberapa penyakit.

Caranya ambil beberapa hela daun sirih, cuci sampai bersih. Rebus daun sirih tersebut dengan segelas air mendidih. Diamkan beberapa menit supaya didihan air tersebut menjadi dingin. Anda bisa menjadikan didihan tersebut untuk tetes mata. Bisa juga dengan cara merendam mata pada didihan daun sirih tersebut. Lakukan secara rutin maka mata anda akan menjadi bersih cerah kembali.

Pengobatan dengan menggunakan bahan alami memang lebih mudah untuk dilakukan dan setiap orang bisa menggunakan cara pengobatan alami ini. Mungkin cara alami seperti yang di jelaskan diatas bisa menjadi solusi anda untuk membuat mata anda kembali bersih.