www.akukanker.com

Mata Lelah - Penyebab, Gejala dan Pengobatan.

Mata Lelah adalah istilah lain untuk kondisi yang biasanya disebut mata pegal yang ciri-cirinya adalah mata terasa sakit, lemas atau berat akibat dipakai terus-menerus. Mata lelah bukan penyakit, dan tidak diperlukan pengobatan, tapi tidak ada salahnya kita tahu cara mencegah munculnya kondisi tersebut.

Kelelahan mata atau mata regangan yaitu kondisi umum yang menyebalkan. Walaupun kondisi ini jarang dikatakan serius, namun kadang-kadang kelelahan mata adalah tanda kondisi yang mendasarinya yang mungkin perlu perawatan medis. Tapi itu biasanya tidak serius dan hialng setelah mata anda diistirahatkan atau mengambil langkah-langkah lain untuk mengurangi ketidaknyamanan pada mata anda.

iklan

Saat ini banyak orang yang menggunakan smartphone dan perangkat genggam digital lainnya. Penelitian menunjukkan bahwa orang memgang perangkat digital lebih dekat dengan mata mereka dari mereka memgang buku dan koran. Yang memaksa mata untuk bekerja lebih keras dari biasanya karena mereka saling fokus pada ukuran font kecil.

Perangkat digital juga dapat dikaitkan dengan kelelahan mata karena kecenderungan untuk berkedip lebih sering ketika menatap layar komputer. Orang biasanya berkedip sekitar 18 kali per menit. Secara alami ini dapat menyegarkan mata. Tapi studi menunjukkan bahwa orang yang berkedip sekitar setengah kali per menit saat menggunakan komputer atau perangkat digital lainnya, dapat mengakibatkan kering, lelah, gatal, dan mata terbakar.

Menghabiskan banyak waktu menatap layar komputer atau gaya hidup yang stres dapat mengakibatkan mata lelah. Sangat penting untuk mengistirahatkan mata sejenak agar lebih ringan. Orang dengan kondisi ini merasa kelopak matanya sangat berat, bahkan hal itu dapat terjadi meski mereka tidak mengantuk. memenuhi tuntutan di tempat kerja dan di rumah telah mengakibatkan orang mengalami kondisi ini lebih sering.

Jenis kelelahan mata atau ketegangan mata kadang-kadang dikenal sebagai sindrom visi komputer. Ini mempengaruhi sekitar 50-90% dari pekerja komputer.

Itulah penjelasan mengenai Mata lelah. Informasi ini dapat menjadi pengetahuan untuk anda agar lebih sering mengistirahatkan mata agar tidak terjadi kelelahan pada mata kita. Mata adalah bagian terpenting dalam penglihatan seseorang atau manusia.

Gejala dan penyebab Mata Lelah

mata lelah

Mata merupakan salah satu panca indera yang amat besar fungsinya bagi tubuh manusia khususnya dalam penglihatan. Setiap hari, kita tidak bisa terlepas dari bantuan penglihatan mata untuk melakukan berbagai macam aktivitas. Sangat penting bagi kita untuk mengistirahatkan mata agar mata kita tetap sehat dan terhindar dari berbagai gangguan mata.

Setiap aktivitas yang memerlukan penggunaan intens pada mata seperti berlama-lama mengemudi atau membaca dapat menyebabkan mata lelah. Beberapa orang tidak ingin menyia-nyiakan waktu bahkan sepersikian detik pun di tempat. Menatap layar monitor komputer dapat menyebabkan ketegangan pada mata.

Penurunan asupan air juga dapat menyebabkan mata menjadi mudah lelah. Kurangnya vitamin B12, vitamin D, vitamin K, dari makanan juga menyebabkan kondisi seperti ini.
Kutu buku suka membaca buku sampai mereka menyelesaikan membaca buku tanpa beristirahat. Ini juga dapat mengakibatkan mata lelah. Membaca buku terus menerus dalam cahaya redup juga menyebabkan ketegangan pada mata.

Gejala mata lelah


Gejala penderita mata ini yaitu kondisi dimana mata mengalami kelelahan karena aktivitas yang intens. Kondisi ini ditandai dengan bengkak sekitar mata, kelopak mata terasa berat dan mengantuk. Jika sudah begini, luangkan waktu sejenak untuk beristirahat agar mata fresh kembali.

Gejala mata lelah merupakan sinyal bahwa mata membutuhkan istirahat, hal ini dapat dilihat dengan tanda-tanda seperti :

- Mata terasa berat dan menjadi berair
- Mata terasa perih, gatal dan kering.
- Pandangan menjadi kurang fokus.
- Mata sangat sensitif terhadap cahaya.
- Pandangan menjadi ganda atau kabur.
- Sakit kepala, leher, bahu dan punggung.

Gejala mata lelah umumnya tidak perlu penanganan yang serius. Mata cukup diistirahatkan dengan cara dipejamkan dan beberapa saat kemudian lelah pun akan hilang. Namun, apabila mata terasa berat dalam waktu yang cukup lama, biasanya dokter akan menganjurkan untuk memakai kacamata.

Penyebab Mata Lelah

Salah satu penyebab paling umum dari kelelahan mata adalah melakukan aktifitas dalam waktu yang lama dengan perangkat digital seperti:

- Layar komputer
- Smarphone
- Video game

Atau bisa juga karna kurang nya istirahat dan mengakibatkan stress di tempat kerja atau di rumah dan lingkungan hidup yang bising dapat menyebabkan kurang tidur di malam hari. Kurang tidur menyebabkan mata menjadi berat dan bengkak. Lingkaran hitam pada mata akan terlihat jika seseorang tidak mendapatkan istirahat yang cukup.

Beberapa gejala dan penyebab diatas mungkin saja dialami oleh anda. Jika anda mengalami nya jangan menunggu sampai mata anda semakin parah segera lah untuk pergi ke dokter untuk memeriksakan kondisi mata anda.

Pengobatan Mata Lelah

Bukan badan saja yang bisa lelah namun mata juga bisa seperti itu. Saat mata memperhatikan sesuatu sperti berada depan monitor dan juga membaca maka energi juga akan terkuras. Mata yang lelah akan menganggu banyak aktivitas anda. Walaupun tampak sepele, sebaiknya anda tidak meremehkan kondisi ini, karena jika tidak ditangani dengan baik, aktivitas anda terganggu.

Cara Mengatasi Mata Lelah :

1. Mengompres Mata
Dengan cara ini anda akan merasa nyaman. Kompreslah dengan air dingin serta diamkan selama beberapa menit. Cara ini juga akan membuat mata anda menjadi bersih.

2. Membersihkan Mata
Mencuci mata dengan air dingin beberapa kali sehari bisa membantu merilekskan mata dan mengurangi ketengan yang memicu kelelahan.

3. Berkedip
Berkedip adalah cara sederhana untuk membuat mata anda kembali segar apabila anda merasakan kelelahan pada bagian mata.

4. Buatlah jarak dengan komputer Anda
Pastikan tempat duduk anda dengan komputer berada pada jarak yang baik. Selain itu bekerja di dalam ruangan berpendinginan akan membuat mata cepat lelah karena udara dingin dapat membuat mata menjadi kering.

5. Susu dingin atau air mawar
air tawar dan susu sangatlah berguna. merendam kapas bola dengan susu dingin atau air tawar, caranya ambil semangkuk susu dingin atau air tawar, lalau celupkan kapas bila ke dalamnya. setelah itu letakkan di kelopak dengan posisi mata tertutup.

6. Memijat
Dengan memijat juga adalah cara yang baik. Sebelum tidur, cobalah untuk memijat kelopak mata anda dengan lembut dan gerakan melingkar selama 2 menit. Pijatan adalah salah satu cara untuk mengendurkan otot mata anda.

Inilah artikel tentang Mata Lelah, cukup sekian artikel yang kami sampaikan kali ini, semoga bermanfaat untuk anda yang membaca artikel kami. Terima kasih.