www.akukanker.com

Mata Merah - Jenis-jenis, Penyebab, Gejala dan Pengobatannya

Mata merupakan anugerah Tuhan yang esa. Sebagai bentuk rasa syukur dengan-NYA, kita harus menggunakan mata untuk hal-hal yang baik dan bermanfaat. Dengannya kita bisa melihat indahnya dunia yang warna-warni dan mengenali isinya. Maka tak berlebihan bila mata disebut sebagai jendela dunia.

iklan

Namun saat kita menggunakan mata, meski sudah hati-hati adakalanya kita merasakan penyakit juga karena faktor luar. MIsalnya faktor lingkungan atau juga cedera karna kecelakaan. Jika sudah menggunakannya dengan baik pun, tidak bisa dipungkiri kalau berlebihan bisa mendatangkan penyakit mata juga.

Berikut inilah beberapa jenis-jenis atau macam-macam penyakit mata, seperti:

1. Konjungtivitis
Konjungtivitis biasa dibilang mata merah. Penyebabnya bisa bermacam-macam. Antara lain mata lelah, virus, bakteri, iritasi dan lainnya.

2. Mata bintitan / timbilan
Penyakit ini bisa terjadi pada anak-anak dan dewasa. Penyakit mata yang ini disebabkan oleh bakteri yang bernama Stafilokokus (Staphylococcus aureus). Sebenarnya sakit mata bintitan bisa sembuh sendiri dalam jangka 1-2 minggu karena jenis penyakit ini termasuk golongan self limiting disease.

3. Kerabunan / rabun mata
Dengan kemajuan teknologi seperti sekarang ini, tidak hanya orang dewasa saja yang menggunakan gadget tapi anak-anak pun dari usia dini sudah banyak yang mulai menggunakannya. Hal ini mengakibatkan terjadi kerabunan

4. Presbiopi
Penyakit jenis ini adalah gabungan dari rabun jauh dan dekat menjadi satu. Atau dengan kata lain penderita penyakit mata jenis ini tidak bisa melihat benda dengan jelas meski dari jarak dekat apalagi jauh.

5. Buta Warna
Jangan dikira hanya orang buta saja lah yang tidak bisa melihat merah, hijau, biru, kuning, dan warna dunia lainnya. Sebagian pun ada yang tidak bisa membedakan warna meskipun mereka bisa melihat benda. Yang bisa dilihatnya hanya hitam, abu-abu, dan putih saja.

Dan masih banyak lagi beberapa jenis penyakit pada mata manusia, rutinlah untuk memeriksa mata kita ke dokter, supaya kita bisa mengetahui keadaan mata kita walaupun dalam keadaan sehat.

Gejala dan Penyebab Mata Merah

mata merah

Mata merah adalah kemerahan dan peradangan dari selaput-selaputyang menutupi putih-putih dari mata-mata dan selaput bagian dalam dari kelopak mata.

Penyakit ini umumnya terjadi karena pembuluh darah di mata anda membengkak atau iritasi. Mata yang merah mengindikasikan adanya masalah pada mata, bisa msalah ringan, ataupun masalah serius yang memerlukan menanganan medis.

Untuk masalah mata yang serius akan memerlukan bantuan medis, atau anda bisa memeriksakan ke dokter spesialis mata. tetapi anda tak perlu terlalu mengkhawatirkan mata yang merah, khususnya jika mata tersebut tak disertai perubahan kemampuan penglihatan dan tak ada rasa sakit.

Penyebab mata merah yang paling sering terjadi karena pembuluh darah pada permukaan mata meradang. Hal ini biasanya disebabkan karena iritasi akibat:

- Udara yang panas/kering
- Terpapar sinar matahari
- Debu
- Reaksi alergi
- Influenza
- Bakteri dan virus
- Batuk

Penyebab mata merah yang lebih serius adalah karena infeksi. Infeksi dapat terjadi pada struktur berbeda dari mata dan biasanya akan menimbulkan gejala tambahan seperti nyeri, discharge (tahi mata berlebih), atau perubahan visi.

Infeksi yang bisa menyebabkan mata menjadi merah antara lain:

- Peradangan pada folikel bulu mata (blepharitis)
- Peradangan selaput mata (konjungtivitis/ penyakit mata menular)
- Borok yang menutupi mata (ulkus kornea)
- Radang pada uvea (uveitis).

Meskipun sebagian besar penyebab mata merah bukanlah hal yang seriu, anda memerlukan penanganan medis darurat apabila:

- Mata merah karena trauma atau cidera.
- Sakit kepala atau perubahan visi.
- Mengalami muntah dan mual.

Kondisi ini bisa disebabkan karena anda kurang istirahat, namun jika ini yang terjadi, penyakit ini tak perlu diberikan pengobatan tetapi dapat sembuh dengan sendirinya.

Begitu pula ketika Anda menangis, mata yang merah bukan karena penyakit serius, untuk kategori faktor penyebab yang seperti ini, mata merah tersebut dapat Anda biarkan dan akan sembuh dengan sendirinya. Untuk mata lelah dan menjadi merah itu karena terjadinya perdarahan (Hemorage) subkonjungtival, jadi bercak darah dapat muncul di mata.

Informasi diatas mungkin dialami oleh anda, jangan meremehkan gejala yang bisa menganggu mata anda, dan jangan biarkan mata sehat anda terkena penyakit mata merah, jaga kesehatan mata anda. Semoga bermanfaat.

Pengobatan untuk Mata Merah

Meski ada banyak penyebab, namun berbagai jenis gangguan kesehatan seputar mata seringkali muncul akibat kondisi udara dan polusi yang semakin buruk. Salah satu yang paling sering adalah mata merah dan gatal. Hal ini tentu sangat menggangu fungsi penglihatan kita.

Meski ada banyak penyebab, namun berbagai jenis gangguan kesehatan seputar mata seringkali muncul akibat kondisi udara dan polusi yang semakin buruk. Salah satu yang paling sering adalah mata merah dan gatal. Hal ini tentu sangat menggangu fungsi penglihatan kita.

Mata merah dan iritasi tentunya membuat anda kehilangan penampilan dan menganggu penglihatan. Saat digosok-gosok mata akan semakin merah dan gatal. Memakai tets mata tentunya menjadi alternatif utama, namun dalam memilih produk tetes mata sangat beragam kualitasnya.

Sebab mata selain vital juga sangat sensitif dan sangat berbahaya jika dibiarkan iritasi dalam waktu lama. Mata juga merupakan jendela dunia.

Ada cara untuk mengobati mata merah, yaitu:

- Berhenti menggosok mata anda. Hal ini justru mengakibatkan peradangan setelah menggosok.

- Cuci mata dengan air mawar. Cara pengobatan in praktis yang dapat anda lakukan sendiri di rumah. Cara ini untuk memberikan efek rasa dingin dan menenangkan mata, lakukan hingga tiga kali setiap hari.

- Selalu cuci mata dengan air bersih dan segar. Debu dan partikel polusi merupakan penyebab utama mata merah.

- Susu merupakan salah satu pengobatan alami untuk menyembuhkan penyakit ini. Ambil sedikit susu menggunakan kapas kemudian letakkan diatas mata untuk mendapatkan efek menyejukkan.

- Seringlah untuk mencuci tangan karena secara tidak sadar setiap hari kita menyentuh daerah mata sekitar.

- Batasi penggunaan kontak lens. kontak lens justru membuat retina menjadi kering. Gunakan kacamata sebagai penggantinya untuk melindungi mata dari iritasi akibat komputer.

Anda juga bisa menggunakan obat alami seperti:

- Daun sirih
Daun sirih memiliki efek antibakteri dan sangat bagus untuk ketajaman visual mata anda. Rebus 2 daun sirih dalam air mendidih 2 gelas. Diamkan sampai dingin dan gunakan air rebusan daun sirih untuk membilas mata anda.

- Mentimun untuk memberikan rasa dingin dan membuat mata lebih rileks dan letakkan irisan metimun diatas mata anda. Irisan metimun ini mengandung anti-iritasi yang bersifat mengurangi peradangan, bengkak, dan iritasi pada mata.

- Lidah buaya
Lidah buaya memiliki sifat menenangkan dan melembabkan, lidah buaya adalah obat rumah lain yang efektif untuk mata kering, sakit, dan gatal. Campur aloe vera gel diekstrak dari daun lidah buaya dengan satu sendok teh madu dan satu-setengah cangkir teh elderberry mekar. Bilas mata Anda dengan solusi setidaknya dua kali sehari sampai masalahnya selesai.

- Teh Hijau
Teh hijau membantu menenangkan mata dan memiliki manfaat anti-inflamasi. Rebus dua kantong teh hijau dalam satu cangkir. Biarkan hingga dingin sepenuhnya. Siram mata dua kali sehari dengan larutan sampai gejala mereda.

Itulah beberapa cara untuk mengatasi atau mengobati mata merah. Jangan anggap sepele jika kondisi ini dialami anda, karena mungkin saja kondisi yang anda alami bisa bertambah parah jika tidak segera ditangani. Informasi diatas bia membantu anda untuk mengatasi mata merah. Semoga bermanfaat.