www.akukanker.com

Mata Presbiopi - Jenis-jenis, Penyebab, Gejala dan Pengobatannya

Presbyopia berasal dari bahasa Yunani “Presbys” yang berarti orang tua dan “Opia” artinya mata.

Presbiopi atau dikenal juga dengan mata tua yaitu suatu kondisi yang menyebabkan penderitanya mengalami gangguan atau penurunan daya penglihatan dan sangat biasa terjadi pada usia lanjut. Kondisi ini juga merupakan kondisi hilangnya kemampuan mata untuk memfokuskan pada objek dekat dan jauh sebagai akibat dari menurunnya elastisitas lensa mata.

iklan

Seseorang yang menderita penyakit ini perlu menggunakan kacamata berlensa rangkap yang disebut kacamata bifokal. Lensa positif untuk melihat benda yang dekat dan lensa negatif untuk melihat benda yang jauh. Penderita penyakit ini biasanya tidak bisa melihat benda yang jaraknya dekat maupun jauh disebabkan oleh kurangnya daya akomodasi mata akibat pertambahan usia.

Daya akomodasi mata sendiri adalah kemampuan mata untuk mencembung dan memipih. Hal ini terjadi karena faktor keturunan atau pola hidup yang kurang sehat atau kurang baik seperti terlalu memaksakan kerja mata dan bisa juga karena sebuah kecelakaan.

Jenis Mata Presbiopi

Cacat mata dapat terjadi jika titik jauh dekat bergeser dari tiitk jauh dan titik dekat pada mata normal. Ada tiga macam atau jenis yang disebabkan oleh bergesernya titik jauh atau dekat, yaitu rabun jauh ( miopi ), rabun dekat ( hipermetropi ), dan mata tua ( presbiopi ).

1. Rabun Jauh (Miopi)
Rabun jauh terjadi jika titik jauh dan titik dekat dibandingkan pada mata normal yagn dikarenakan lensa mata terlalu kuat dalam berakomodasi sehingga bayangan benda jatuh di depan retina.

2. Rabun Dekat (Hipermetropi)
Rabun ini terjadi sama seperti rabun dekat akan tetapi lensa mata lemah berakomodasi dan bayangan benda jatuhnya di belakang retina.

3. Mata Tua (Presbiopi)
Mata tua yaitu mata normal ( emtrop ), namun otot-otot lensa mata tidak dapat berkonstraksi dengan maksimal dikarenakan usia lanjut pada mata tua, titik dekat jauh dibanding dengan mata normal dan titik jatuhnya berada di tak terhingga.

Karena pada penderita penyakit ini titik jauhnya tetap, maka penderita mata ini hanya menggunakan kacamata pada saat akan melihat benda dekat. untuk kasus seperti ini anda dapat menggunakan kacamata bifokal yaitu kacamata yang menggabungkan lensa positif dan negatif.

Informasi singkat diatas bisa menjadi penambah pengetahuan anda tentang penyakit mata. Biasanya penyakit mata diatas menyerang orang yang lanjut uisa tapi apa salah nya kita yang masih muda untuk tetap menjaga kesehatan mata. Semoga bermanfaat.

Gejala dan penyebab Mata Presbiopi

mata presbiopi

Presbiopi adalah istilah untuk kondisi mata manusia yang kehilangan kemampuan secara bertahap untuk fokus pada objek jarak dekat. Penyakit ini merupakan salah satu hal akan akan dirasakan manusia sebagia bagian dari proses penuaan tubuh secara alami.

Seseorang baru menyadari menderita penyaki mata ini saat dirinya harus merentangkan lengan agar bisa membaca buku atau koran, atau ketika ia melihat ponsel.

Semakin bertambahnya usia, kemampuan otot-otot mata kita semakin berkurang untuk melakukan daya akomodasi. Hal ini disebabkan karena lensa mata menjadi tidak lentur lagi atau berkurang elastisitasnya akibat sklerosis (kekakuan) lensa.

Ada beberapa faktor yang memperbesar risiko seseorang mengidap penyakit mata ini, yaitu:

- Usia. Hampir penderita pada penyakit mata ini merasakan gejala setelah 40 tahun ketas.
- Obat-obatan. Beberapa obat seperti antihistamin, antidepresan, diuretik, bisa juga mempengaruhi terjadinya gejala presbiopi prematur atau dini.
- Kondisi medis lainnya, seperti menderita diare, multiple sclerosis, atau penyakit kardiovaskular.

Gejala Presbiopi

Penyakit ini berkembang secara bertahap, sehingga seseorang bisa saja baru menyadari gejalanya setelah melewati 40 tahun. Beberapa gejala umum penyakit ini adalah:

- Kecenderungan untuk memegang bacaan lebih jauh, agar bisa lebih jelas melihat huruf.
- Menyipitkan mata.
- Penglihatan kabur ketika membaca dengan jarak normal.
- Butuh lampu lebih terang saat membaca.
- Sakit kepala atau mata menegang setelah membaca.
- Kesulitan membaca tulisan yang berhuruf kecil.

Penyebab Mata Presbiopi

Mata manusia sangat mengandalkan kornea dan lensa mata untuk memfokuskan cahaya yang memantul dari benda. Lensa mata manusia fleksibel, bisa mengubah bentuknya untuk memfokuskan cahaya.

Seiring bertambahnya usia, lensa pada pada seseorang akan mengeras dan kehilangan fleksibilitasnya. Lensa yang kaku dan mengeras ini menyebabkan lensa tidak bisa fleksibel berubah bentuk untuk memfokuskan cahaya dari benda yang berjarak dekat ke retina, sehingga terlihat tidak fokus.

Gejala penyakit mata ini kebanyakan dialami oleh orang-orang tua yang telah lanjut usia. Mereka memiliki kemampuan melihat dengan jelas objek yang dekat maupun yang jauh. Jika gejala-gejala diatas dialami oleh anda segera memeriksakan diri ke dokter, atau anda juga bisa menggunakan kacamata yang memiliki lensa rangkap (bifokal) yang bisa membantu anda untuk melihat dengan jelas.

Pengobatan Mata Presbiopi

Penderita penyakit mata ini biasanya tidak bia melihat benda yang jaraknya dekat maupun jauh disebabkan oleh kurangnya daya akomodasi mata akibat pertambahan usia.

Pada penderita penyakit mata ini, letak titik dekat dan titik jauh mata telah berubah. Karena tidak dapat melihat benda dekat dan benda jauh dengan jelas, penderita harus dibantu dengan kacamata, dan kacamata yang biasanya digunakan oleh penderita mata ini adalah kacamata lensa rangkap yang disebut bifokal ( dua fokus ).

Jika anda mengalami hal ini sebelum usia 40 tahun, bisa jadi ini menjadi indikasi adanya penyakit lain seperti diabates, multiple sclerosis, dan gangguan pada sistem peredaran darah. Beberapa obat-obatan seperti antidepresan, antihistamin dan diuretik juga dapat mengganggu kemampuan fokus mata anda.

Pengobatan Presbiopi

Tujuan pengobatan penyakit mata ini adalah untuk membantu ketidakmampuan mata untuk fokus pada benda berjarak dekat. Ada beberapa cara pengobatan penyakit ini adalah:

- Kacamata. Cara sederhana dan aman untuk menangani penderita mata ini. Jika kacamata baca biasa tidak menangani, pasien mungkin akan diresepkan kacamata berlensa khusus untuk matanya.

- Lensa kontak. Alat ini bisa digunakan bagi pasien yang tidak mau menggunakan kacamata. Namun, lensa kontak mungkin tidak bisa digunakan jika penderita juga mengidap kondisi tidak normal pada kelopak mata, saluran air mata, dan permukaan mata.

- Bedah refraktif. Tujuannya untuk mengubah bentuk kornea mata dan meningkatkan penglihatan jarak dekat. Namun, pasien tidak membutuhkan kacamata usai pembedahan untuk aktivitas yang membutuhkan penglihatan jarak dekat.

- Implan lensa. Pada prosedur ini, lensa mata penderita akan diganti dengan lensa mata sintetis. Pasien yang memilih prosedur ini pernah menjalani pembedahan LASIK sebelumnya.

- Inlay kornea. Pada proses ini dokter akan memasukan ring plastik kecil di sudut setiap kornea mata utnuk mengubah lengkungannya. Risikonya lebih kecil dibandingkan tindakan pemnbedahan mata lainnya.

Itulah beberapa keterangan yang dapat kita simak mengenai Mata Presbiopi. Terimakasih telah membaca artikel ini, semoga dengan adanya artikel ini anda yang membaca dapat mengetahui segala tentang penyakit ini. Semoga bermanfaat.