www.akukanker.com

Saraf Mata Lemah - Penyebab, Gejala dan Pengobatannya

Mata terdiri dari beberapa bagian organ yang bekerja sama dalam mentransmisikan cahaya ke otak untuk dapat dicerna oleh sistem saraf. Saraf-saraf mata sangat rentan terhadap masalah dan bisa menimbulkan beberapa gangguan penglihatan. Bila pandangan menjadi ganda atau kabur bisa jadi itu menunjukkan gejala penyakit ini. Bila dibiarkan, hal ini bisa menimbulkan resiko kebutaan permanen.

iklan

Manusia memiliki enam otot saraf dengan tujuan untuk menggerakan bola mata ke arah yang berbeda-beda. Bola otot saraf mata lemah maka penglihatan akan terasa terganggu, atau penglihatan ganda. Sel-sel saraf mata rentan terhadap masalah, kelemahan saraf mata merupakan masalah utama yang menyebabkan beberapa gangguan. Apabila penglihatan anda kabur ganda atau tidak bisa melihat dengan jelas, maka mata anda berada dalam kondisi yang sangat lelah.

Saraf mata merupakan salah satu penyakit yang menganggu aktivitas sehari-hari, penyakit saraf mata ini tidak langsung terjadi melainkan secara bertahap dari penglihatan menjadi berkurang dan secara perlahan dapat mematikan sel ganglion retina.

Biasanya gejala ini pada seseorang ditandai dengan mata minus, rabun, dan berbagai gangguan lainnya. Semua itu merupakan tanda sel saraf yang merusak ataupun lemah. Manusia itu mempunyai 6 otot yang berguna dalam menggerakkan bola mata ke berbagai arah. Apabila otot saraf mata anda lemah, penglihatan bisa terganggu, di lain kasus anda juga bisa saja mengalami penglihatan ganda.

Penyakit ini pun bisa ditandai dari perubahan yang terjadinya bertahap, tak langsung. Jika sudah menginfeksi dalam jangka panjang, seseorang dengan penyakit saraf mata akan mengalami pengurangan atau penurunan kemampuan penglihatan mereka, dan akhirnya akan menjadi rabun.

Penyakit saraf mata biasa diakibatkan karena cairan mengalir menuju bola mata itu mengalami gangguan atau hambatan, jadi bola mata pun akan membesar, dan ujung-ujungnya bola mata menekan saraf mata. Jika ini terjadi maka saraf mata tak memperoleh aliran darah, dan menjadi mati. Aliran darah sangat penting karena menghantarkan oksigen.

Selain dapat menyebabkan kebutaan, gangguan lain seperti : saraf retina putus, lepas, lemah, robek dan bengkak bisa terjadi akibat dari komplikasi dari gangguan saraf mata ini. Rajinlah untuk memeriksa mata anda ke dokter agar anda bisa mengetahui berkembang mata anda sehat atau terganggunya mata anda.

Gejala dan Penyebab Saraf Mata Lemah

saraf mata lemah

Belakangan ini saraf mata lemah menjadi perhatian khusus lantaran semakin berkembangnya jumlah penderita seputar saraf mata. Sangat beragam seperti saraf mata lemah, saraf mata yang rusak, saraf mata yang putus dan melainkan yang saraf mata yang lainnya.

Contoh saja penyakit mata katarak, inipun akhirnya akan menyebabkan kelemahan pada saraf sehingga semakin lama semakin kabur penglihatan bahkan bisa sampai tidak bisa melihat sama sekali.

Penyakit saraf mata adalah salah satu type penyakit yang bisa dibilang cukup berbahaya dan harus segera anda obati, jangan dibiarkan. Penyakit ini mempunyai sifat tenang atau gejalanya sama sekali tidak bisa dilihat secara langsung. Penderita mata ini akan mendapatkan kemampuan penglihatan yang semakin memburuk, dan ujung-ujungnya mata akan menjadi buta.

Penyakit saraf mata dapat diakibatkan karena beberapa pemicu, adapun pemicu tersebut antara lain:

Kelainan di mata, penambahan produksi cairan mata dari badan siliar, penyakit yang mempengaruhi saraf mata, pengeluaran cairan mata di daerah sudut bilik mata, bisa juga celah pupil yang kurang. Yang berikutnya adalah efek samping dari konsumsi beberapa macam obat-obatan. Dan yang terakhir adalah dari faktor genetik atau disebut juga faktor keturunan.

Penyebab saraf mata lemah dapat di karenakan cedra,Faktor usia,Ketegangan sel optik atau sering terpapar radiasi baik itu dari : Televisi, Komputer, Handphoe dan lain sebagainya. Pada Kasus yang lebih serius, penyakit ini bisa menimbulkan amblyopia yakni gangguan yang meliputi sarap optik, Kelemahan mata dan gangguan otak.

Penyebab terjadinya Saraf Mata Lemah

- Faktor keturunan
- Bisa dipicu oleh kelainan mata
- Memiliki rawayat penyakit mata
- Bertambahnya produksi cairan mata oleh badan siliar
- Dan bisa dipicu oleh berkurangnya pengeluaran cairan mata di daerah sudut bilik mata

Gejala saraf mata lemah ditanai dengan mata minus, rabun dan gangguan mata lainnya. Selain itu, saraf mata dapat menimbulkan beberapa kondisi, yaitu:

- Kecemasan
- Kelemahan otot
- Pusing
- Penglihatan ganda
- Penglihatan kabur
- Mata perih dan pucat.

Selain memperngaruhi penglihatan, Kerusakan saraf mata lemah diakibatkan kurang tidur dan sering melihat lama TV komputer atau kerja kerasa di depan komputer. Hilangnya Fungsi mobilitas dan sensrik, Bersama dengan kondisinya.

Gejala saraf mata lemah harus segera ditangani supaya tidak menimbulkan masalah yang lebih serius. Oleh sebab itu jika anda merasa Gejala-Gejala di atas, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan doktor spesialis mata.

Pengobatan untuk Saraf Mata Lemah

Mata merupakan salah satu organ tubuh yang memiliki peranan penting karena adanya kedua mata ini kita dapat melihat indahnya dunia, akan tetapi sesuatu hal dapat terjadi pada mata yang dapat menyebabkan gangguan pada penglihatan dan mengakibatkan kebutaan, seperti permasalahan saraf pada mata.

Penyakit saraf mata adalah penyakit yang menyerang sisi mata anda. Penyakit ini juga dapat ditandai dari pergantian yang terjadinya bertahap, tidak segera. Bila telah emnginfeksi dalam periode panjang, seorang dengan penyakit saraf mata akan mengalami pengurangan atau penurunan kekuatan pandangan mata meraka, serta pada akhirnya akan jadi rabun.

Penyakit ini umumnya disebabkan lantaran cairan mengalir menuju bola mata mengalami masalah atau kendala, sehingga bola mata menjadi membesar, serta ujung-ujungnya bola mata menghimpit saraf mata. Aliran darah sangatlah utama lantaran menghantarkan oksigen yang di dalamnya mengandung banyak nutrisi dan vitamin untuk kesehatan mata akan bisa bekerja secara normal.

Banyak faktor kerusakan pada saraf mata diantaranya; Cidera karena kecelakaan (berupa benturan, jatuh, benturan keras pada bola mata, dll), Minuman Keras, Rokok, Penyakit (diabetes, gula darah, Mata Minus, darah tinggi, ginjal), kebiasaan membaca yang buruk, aktifitas berat, Bergadang, dan lain sebagainya.

Dari banyak kasus pasien yang menderita saraf mata, biasanya ketika dibawa kedokter maka dokter akan menyankan untuk melakukan operasi atau laser (untuk penanganan yang terbilang masih ringan). Namun sekali lagi semua itu tidak ada jaminan kesembuhan.

Memang tidak bisa kita menyalahkan pihak manapun. Karena pastinya dokter sudah berusaha keras untuk melakukan tindakan medis terbaik. Ketika sudah menyentuh ranah saraf mata, maka segala sesuati di bilang mahal. Entah itu biaya operasi maupun biaya obat obatannya.

Untuk mencegah terserang nya penyakit saraf mata rusak ini harus menerapkan hidup sehat dan menghindari hal yang mengakibatkan mata menjadi tidak sehat. Untuk mendapatkan mata yang sehat, segar dan bersih perbanyaklah mengkonsumsi buah dan sayur yang baik untuk anda, atau anda juga bisa mengkonsumsi obat herbal alami yang baik bagi mata anda.