www.akukanker.com

Saraf Mata Lepas - Penyebab, Gejala dan Pengobatannya

Saraf mata berkaitan erat dengan retina. Retina sendiri adalah lapisan tipis dan transparan yang terdiri dari sel-sel dan serabut saraf. Fungsi retina adalah untuk menangkap cahaya dan menyalurkannya ke otak. Gejala saraf mata lepas terjadi akibat adanya lubang atau robekan-robekan kecil di retina. Kerusakan robekan di retina diakibatkan menyusutnya korpus vitreum, yaitu cairan yang mengisi bagian tengah mata.

iklan

Korpus vitreum melekat pada retina, seiring bertambahnya usia maka vitreus semakin berkurang volumenya dan mengerut. Jika korpus vitreus menyusut, maka retina bisa ikut tertarik dan menimbulkan lubang di retina. Lubang di retina tersebut menyebabkan gejala saraf mata lepas dan terutama pada orang yang mengidap rabun jauh dan orang yang telah mengalami operasi katarak. Lubang atau robekan juga munkin terjadi akibat adanya luka pada mata. Cairan dari kerusakan pembuluh darah akan menumpuk di antara retina dan jaringan di bawahnya sehingga memperparah kemampuan penglihatan.

Ciri-ciri saraf mata lepas

-Gatal
-Bengkak
-Mata merah
-Terdapat kilat cahaya pada mata ketika melihat
-Penglihatn menjadi agak kabur
-Melihat “floaters” (bintik-bintik kecil atau benang)
-Melihat bayangan atau seperti ada tirai turun dari atas mata atau disebrang samping mata ( jika pasien mengalami suatu bayangan atau tirai yang mempengaruhi bagian apa saja dari penglihatan ini dapat mengindikasikanbahwa suatu robekan retina telah berlanjut pada suatau pelepasan retina)

Penyebab Saraf Mata Lepas

saraf mata lepas

Penyebab kondisi ini jika tidak obati dengan segera, retina robek dapat mengarah pada kondisi yang lebih serius yaitu dapat menyebabkan hilangnya penglihatan sebagaian bahkan seluruhnya. Hal tersebut Terjadi karena cairan viterios yang berbentuk seperti jel didalam mata menjadi lebih cair dan menyebabkan tekanan abnormal pad retina. Namun yang lebih sering mengakibatkan kerusakan robekan pada retina adalah menyeusutnya korpus vitreum, bahan jernih seperti agar-agar yang mengisi bagian tengah mata.
korpus vitreum erat melekat diretina pada beberapa lokasi disekeliling dinding mata bagian belakang. Bila korpus vitreum menyusut, ia dapat menarik sebagian retina bersamanya, sehingga menimbulkan robekan atau lubang pada retina.

Gejala Saraf Mata Lepas

Pelepasan retina tidak terasa sakit. Orang biasanya melihat benda kecil, mengambang (floater) atau sorotan cahaya terang yang berlangsung lebih dari suatu detik. Hilangnya penglihatan di pinggir biasanya pertama kali terjadi, dan kehilangan penglihatan menyebar sebagai mana perkembangan pelepasan tersebut. Hilangnya penglihatan menyurupai teriai atau kerudung yang jatuh melintangi garis penglihatan. Jika macula menjadi terlepas, penglihatan dengan segera memburuk, dan segala suatu menjadi buram.

Pengobatan Saraf Mata Lepas

Untuk pengobatan penyakit ini bisa dilakukan dengan melakukan operasi. Operasi adalah salah satu alternatif terbaik dalam melakukan pengobatan penyakit ini. Namun wajib anda ketahui bahwa operasi ini bukan merupakan solusi terbaik yang dapat mengobati penyakit ini. Selain dibalik biayanya yang mahal, operasi ini memiliki beberapa kemungkinan komplikasi setelah operasi.