www.akukanker.com

Saraf Mata Putus - Penyebab, Gejala dan Pengobatannya

Peranan saraf mata sangatlah penting dalam kehidupan kita, karena meskipun kita mempunyai mata, tetapi jika sarafnya putus itu tidak akan ada gunanya. Mata sangatlah penting dalam sistem penglihatan. Saraf yang bertanggung jawab terhadap manusia adalah saraf optikus.

iklan

Saraf Optikus adalah kumpulan jutaan serat saraf yang membawa pesan visual dari retina ke otak. Rangsangan berupa cahaya bisa di interpretasikan di otak melalui saraf optikus. Berarti saraf optikus mengubah cahaya menjadi struktur kimia/listrik agar bisa dihantarkan ke sistem saraf pusat (otak).

Bagian mata yang mengandung saraf optikus adalah pada bagian retina. Retina mengandung saraf-saraf cahaya dan pembuluh darah. Bagian retina yang paling sensitif adalah makula, yang memiliki ratusan ujung saraf. Banyaknya ujung saraf ini menyebabkan gambaran visuil yang tajam. Retina mengubah gambaran tersebut menjadi gelombang listrik yang oleh saraf optikus dibawa ke otak.

Saraf optikus menghubungkan retina dengan cara membelah jalurnya. Sebagian serat saraf menyilang ke sisi yang berlawanan pada kiasma optikus (suatu daerah yang berada tepat di bawah otak bagian depan). Kemudian sebelum sampai ke otak bagian belakang, berkas saraf tersebut akan bergabung kembali.

Saraf yang menggerakkan otot bola mata adalah saraf okulomotoris (Nervus III), saraf mata ini bertanggung jawab terhadap pergerakan bola mata, membuka kelopak mata, dan mengatur konstraksi pupil mata. Saraf okulomotoris ini lebih banyak berperan untuk mendukung proses penglihatan yang sempurna. Misalnya, jika jumlah cahaya yang masuk kemata, maka saraf optikus akan menggerakkan iris untuk mengecilkan pupil. Kelainan pada saraf okulomotoris ini, akan menyebabkan kelainan pada pergerakan bola mata seperti mata juling dan lain-lain.

Saraf lain yang mempengaruhi fungsi mata adalah saraf lakrimalis yang merangsang dalam pembentukan air mata oleh kelenjar air mata. Kelenjar Lakrimalis terletak di puncak tepi luar dari mata kiri dan kanan dan menghasilkan air mata yang encer. Air mata mengalir dari mata ke dalam hidung melalui 2 duktus lakrimalis; setiap duktus memiliki lubang di ujung kelopak mata atas dan bawah, di dekat hidung. Air mata berfungsi menjaga kelembaban dan kesehatan mata, juga menjerat dan membuang partikel-partikel kecil yang masuk ke mata. Selain itu, air mata kaya akan antibodi yang membantu mencegah terjadinya infeksi. Kelenjar lakrimalis juga akan mengeluarkan air mata jika seseorang dalam keadaan sedih (menangis).

Penyebab dan Gejala Saraf Mata Putus

saraf mata putus

Gejala saraf mata terjadi dikarenakan cairan mata terhambat keluar menyebabkan saraf mata bengkak. Hal ini membuat bagian belakang bola mata tertekan sehingga saraf mata terjepit. Akibatnya saraf tidak mendapatkan cukup aliran darah sehingga membuat sraf mata menjadi rusak dan putus. Penyebab umum saraf adalah adanya tumor pada kelanjar pitutry yang menekan saraf tersebut.
Untuk mengobati gejala penyakit ini, dapat dilakukan dengan berbagai cara. Umumnya, dilakukan dengan oprasi penyambungan kembali saraf mata. Biyayanya tergolong cukup mahal dan kadangkala dibutuhkan lebih dari satu prosedur oprasi, terdapat efek samping akibat konsumsi obat kimia dan tidak jaminan 100% untuk normal kembali.

Penyebab saraf mata putus dapat bermacam-macam diantaranya:

- Sangat mungkin akibat penyakit yang diturunkan dalam keluarga.
- Saraf mata dapat timbul akibat penyakit atau kelainan dalam mata.
- Saraf mata dapat diakibatkan penyakit lain pada tubuh
- Saraf mata dapat disebabkan efek samping obat kimia
- Bertambahnya produksi cairan mata oleh badan siliar
- Berkurangnya pengeluaran cairan mata di daerah sudut bilik mata atau di celah pupil (glaukoma)
- Saraf mata timbul akibat Srtress

Saraf mata membawa sinyal yang berasal dari mata menuju kebagian belakang otak. Pada struktur otak yang disebut optic chiasm, setiap saraf membelah dan sebagian saraf melintang diatas yang lainya. Kerusakan pada saluran saraf mata ini menyebabkan pola khusus gejala saraf mata putus yang mempengaruhi penglihatan tergantung didaerah mana kerusakan terjadi.

Jika saraf mata rusak diantara bola mata dan chiasm, maka bisa menyebabkan kebutaan. Sedangkan jika chism mata yang rusak, mata kanan akan kehilangan pandangan dibagain sebelah kanan pada bidang penglihatan dan mata kiri kehilangan pandangan sibelah kiri bidang penglihatan. Berbeda lagi pada kasus hemianopia yaitu kerusakan lebih jauh pada jalur saraf optik akibat stroke atau tumor, Maka akan menghasilkan pola kehilangan penglihatan yang lainnya. Misalnya kerusakan saraf berbeda disebelah kiri bagaian otak, maka kedua mata akan kehilangan setengah bagaian kanan lapang pandang.

Tanda-tanda gejala penyakit ini diawali dengan penglihatan yang kabur, kemudian tiba-tiba kembali jernih atau terlihat lingkaran disekitar sumber cahaya.

Pengobatan untuk Saraf Mata Putus

Tumbuhan tanaman obat mata penting kita kenal dan juga kita rawat disamping pagar rumah sebagai pengisi taman atau bisa juga dikebun sebab sewaktu-waktu kita butuhkan untuk mengobati sakit tidak harus lagi sibuk cari sana-sini.

Di indonesia banyak tanaman yang bisa dipakai dan digunkan untuk obat sakit mata salah satu yang paling terkenal adalah sirih namun ternyata masih banyak daun dan tumbuhan lainnya misalkan saja daun dewa rumput mutia , daun muntiris dan sebagainya . Nah untuk lebih jelasnya lihat penjelas kami di bawah ini:

1. Daun Sirih
Nama Lokal : Ganceng Famili : Pipericaceae Nama Latin : Piper sp
Khasiat dan cara meramu / pemakaian: Obat Mata Bagian tanaman yang digunakan sebagai obat mata adalah daun. Caranya: diambil daun muda dan segar 3-5 lembar, dicuci kemudian direbus. Setelah mendidih didinginkan dan dimasukkan kedalam wadah (baskom). Masukkan (muka/mata) ditenggelamkan dan mata dikedip-kedipkan.

2. Ki Tolod
Tanaman ini memiliki nama ilmiah Isotoma Longiflora atau Laurentia Longiflora yang memiliki kandungan senyawa alkaloid yaitu lobelin, lobelamin serta isotomin. Daunnya memiliki kandungan alkaloid, saponin, flavonoid, serta polifenol. Getah tanaman memiliki kandungan racun, namun sisi tanaman lain mempunyai dampak antiradang (antiflamasi), antikanker (antineoplasmik), menyingkirkan nyeri serta menghentikan pendarahan.

Menurut Prof. (HC) Dr. H. W. Isnandar, seorang ahli toga pimpinan jamu dayang sumbi, kita bisa menggunakan bunga fresh kitolod untuk penyembuhan mata dimulai dari rabun, katarak apalagi mata minus serta mata plus.

3. Rumput Mutiara
Rumput mutiara bisa digunakan untuk menghilangkan sumbatan-sumbatan dalam pembuluh darah halus yang dapat menghambat aliran darah. Dengan mengonsumsi rumput mutiara, aliran darah menjadi lancar. Ramuan rumput mutiara untuk men yembuhkan pembuluh darah pada mata dibuat dengan cara merebus 30 gram daun rumput mutiara dalam empat gelas air hingga tersisa dua gelas. Air rebusaannya diminum 2-3 kali sehari, masing-masing dua gelas.

4. Daun Dewa
Daun dewa bisa digunakan untuk menobati kebutaan yang cukup lama dan menurunkan kolesterol tinggi. Daun dewa bisa menghancurkan pembekuan darah di pemnbuluh darah, sehingga aliran darah menjadi lancar. Bagi penderita gangguan pada mata yang pernah mengalami kecelakaan di bagian kepala, bisa menggunakan daun dewa yang dikombinasikan dengan umbi dewa.
Cara mewmbuat ramuannya dalah merebus 3-4 lembar daun dewa ditambah dengan 15-30 gram umbinya dalam tiga gelas air hingga tersisa satu gelas. Air rebusnya diminum 2-3 kali sehari.

5. Daun Sendok atau Kiurat
Daun sendok atau Plabtago major berkhasiat untuk mengobati gangguan pada mata. Selain itu, dau8n sendok juga berkhasiat untuk memperkuat wilayah hati dan meningkatkan fungsi ginjal. Selain itu, daun sendok juga bisa meningkatkan gairah seksual. Daun sendok atau kiurat mengandung vitamin A, B, C, kalium dan kalsium.
Ramuan dari daun sendok untuk menyembuhkan berbagai gangguan pada mata dibuat dengan cara merebus setengah genggam daun sendok dalam tiga gelas air hiongga tersisa dua seperempat gelas. Air rebusannya disaring, lalu diminum tiga kali sehari, masing-masing tiga seperempat gelas. Sebelum diminum, sebaiknya ramuan dicampur dengan madu.

Itulah beberapa keterangan yang dapat kita simak mengenai Saraf Mata Putus. Terimakasih telah membaca artikel ini, semoga dengan adanya artikel ini anda yang membaca dapat mengetahui segala tentang Saraf Mata Putus. Semoga bermanfaat.